21.11.08

menunggu..


bila engkau tidak berbahagia di dalam keadaanmu itu, mengapakah engkau selalu menjadi yang pertama untuk mempertahankannya?
MTSC - sebetulnya apakah yang sedang kamu tunggu?

Kata-kata seorang guru ini pernah beberapa kali saya dengar sebelum beliau menulisnya di Milis beberapa waktu yang lalu. Bagi saya sangat dalam maknanya karena memang, seringkali kita mengeluhkan keadaan kita saat ini tanpa berbuat apa-apa untuk memperbaikinya. Kesalahan ini yang saya putuskan tidak akan saya jalani terus-menerus. Dan saya menyudahinya.

Sekarang ini saya memilih untuk bekerja sesuai apa yang saya yakini baik untuk diri saya saat ini, sambil menunggu kesempatan-kesempatan baru yang saya anggap tepat. Ya.. beberapa lama setelah bekerja saya memang menyadari, bahwa seperti apa yang dikatakan beliau, uang sudah semestinya tidak menjadi tujuan UTAMA saya bekerja, bukan karena saya tidak membutuhkan uang, tapi karena ketika saya bekerja demi uang, hanya uang sajalah yang saya dapat. Tidak yang lain. Tidak pelajaran, tidak pengalaman, bahkan tidak kebahagiaan hidup saya.

Selama saya mengikuti milis ini, guru saya ini selalu saja membawa kegelisahan- kegelisahan baru dalam diri saya setiap kali saya merasa nyaman di satu titik.

bagaimana engkau akan tertarik untuk sampai pada keadaan yang lebih baik, bila engkau tidak gelisah dengan keadaanmu sekarang?

MTSC - sebetulnya apakah yang sedang kamu tunggu?

Seperti memangkas daun-daun tua pada sebatang pohon mangga untuk membuat pohon itu berbuah, petuah-petuah baru yang mendatangkan kegelisahan ini bagaikan memangkas batang-batang tua saya dan menjadikannya pucuk-pucuk daun baru yang lebih baik, lebih segar, bahkan membawa bunga yang nantinya akan menghasilkan buah.
Ya.. saya kembali dibuat gelisah.. Dan jangan bilang saya terlalu optimis karena saya putuskan, saya tidak mau lagi menunggu tanpa tau apa yang sedang saya "tunggu"..

2 komentar:

R. Winarso mengatakan...

evva sekrang jd berat bgt ya?...*mikir*

evana basri mengatakan...

huhuhu cuma pengen lebih baik aja kok.. gak berat.. =p