7.11.08

Barack Obama dan Indonesia??

WASHINGTON,RABU-Calon presiden partai Demokrat Barack Obama mencetak sejarah menjadi presiden kulit hitam pertama AS, Selasa (4/11) waktu setempat atau Rabu (5/11) waktu Indonesia. (kompas.com)

Siapa yang tidak tahu berita ini.. semua orang, semua negara membicarakannya, setelah pemilu Amerika melalui proses panjangnya. Ya.. Barack Obama terpilih.. dan, Selamat menjadi presiden Amerika yang baru tentunya. Uniknya pemilihan presiden Amerika kali ini benar-benar menyita perhatian banyak pihak, termasuk di Indonesia. Saya sendiri biasanya masa bodo (saking parahnya, terpilihnya Bush sebagai presiden Amerika 4 tahun lalu saja baru saya ketahui beberapa bulan sesudahnya). Tapi untuk kali ini, berhubung media juga heboh mempublikasikannya, saya pun akhirnya mengikuti juga (kadang-kadang). Ya.. heboh memang. Karena Barack Obama pernah tinggal di Indonesia selama 4 tahun, HANYA 4 tahun.

Semenjak Obama di publikasikan sebagai salah satu calon presiden demokrat bersaing dengan Hilarry, berbagai berita bermunculan. Ditemukan salah satu fakta bahwa dia pernah tinggal di Indonesia sampai pada akhirnya media sering memanggilnya "anak menteng". Orang-orang yang merasa pernah mengenalnya pun mulai bermunculan. Mulai dari guru SD, teman SD, tetangga sebelah rumah, tetangga depan rumah, teman main di kampung, kakak tiri, kakak angkat (kalo keluarga masih oke lah..) semuanya berbondong-bondong menujukkan keberadaannya. Terdengar sinis mungkin.. tapi.. memang, bagai laron mengerumuni lampu ketika musim hujan.. moment ini benar-benar terlihat nyata di depan mata. "Barry" kembali di ingat, kembali di kenang. Setelah menjadi orang besar. Salut. Saya sendiri mengaguminya, dan mungkin akan berbuat kehebohan yang sama jika saya pernah mengenalnya. Hahaha.. lebih norak mungkin ya..

Yang saya heran.. Banyak orang Indonesia yang mempunyai harapan besar dengan terpilihnya Obama kali ini. Bukannya tidak optimis, tapi benarkah dengan terpilihnya Obama akan membawa dampak yang positif bagi Indonesia? Pada beberapa dialog yang membahas kemenangan Obama, banyak yang berbicara seolah-olah menuntut Obama bisa membawa perubahan positif hubungan Indonesia - Amerika hanya karena 4 tahun yang dia habiskan di sini..
Memang, dalam sebuah tayangan biografinya, Obama disebut-sebut sebagai seorang multi ras dengan toleransi yang sangat tinggi akibat pengalaman hidup dan juga darah yang mengalir dalam dirinya. Dia adalah orang Kenya, orang Amerika, dan juga Indonesia. Tapi apa? seperti seorang calon bupati atau bahkan presiden yang membawa-bawa tempat lahirnya hanya untuk mencari dukungan, di sebutnya Indonesia dalam sebuah biografi Obama belom membuktikan apa-apa.

Ya benar, saya terinspirasi oleh kemenangan Obama. "Anak Menteng" yang menembus kemustahilan White House, sama seperti halnya pungguk yang mendapatkan bulan, itu adalah keniscayaan. Kepesimisan saya kali bukan bermaksud sinis. Kepesimisan saya kali ini hanya membutuhkan sebuah bukti. Kita lihat saja nanti.

Sumber gambar: dari sini

1 komentar:

juliana mengatakan...

yes we can