29.10.08

Sumpah.. Hari ini hari Sumpah Pemuda!!

Saya pikir ini hari yang cukup penting.. setelah kemarin saya berulang tahun, hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi para pemuda Indonesia. 28 Oktober adalah hari sumpah pemuda. Kata sejarah si.. hari, 80 tahun yang lalu, para pemuda bersatu padu setelah sekian lama berai dengan berbagai Jong-nya.

Hari ini banyak moment yang ditujukan untuk mengenang dan membangkitkan kembali semangat itu. Berbagai upacara dan pemberian penghargaan diberika untuk pemuda-pemuda masa kini yang berprestasi. Selamat! bukan hanya yang berada di hadapan presiden itu saja yang pantas diberi penghargaan. Andapun pantas, karena anda adalah pemuda-pemuda yang selalu berjuang dalam kehidupan sehari-hari anda. Selamat, dan berbangga hatilah..

Sempet ketawa-ketawa tadi ketika salah satu stasiun televisi membuat wawancara masyarakat tentang isi teks Sumpah Pemuda itu sendiri. Bukan hanya menertawakan mereka. Tapi sumpah!! saya sendiripun tidak hapal isinya hahahaha.. So.. saya googling saja, dan inilah isinya:

  • PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.
  • KEDOEA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.
  • KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.
Mantep kan..
Berdasarkan pengalaman ngeliat wawancara pada moment sejenis.. sepertinya saya harus menghafalkan beberapa naskah negara bersejarah. Maklum.. banyak yang lupa. Ya.. daripada gak malu, kali aja ketangkep di wawancara (artis bukan.. sering ke kota enggak.. maen ke stasiun tivi juga gak pernah.. siapa si lo?! hehe..)

Selamat Hari Sumpah Pemuda teman-teman!!

Sumber gambar: beritasore.com

Tidak ada komentar: