1.8.08

Gerhana Matahari Total

Sumbernya: www.exploratorium.edu/eclipse/2008/

Di hari pertama aku isi blog ini, sorenya.. ternyata ada peristiwa penting ni.. Gerhana matahari total.. mm.. must be amazing.. Gak tau kenapa tuh, dari kecil emang udah suka hal-hal yang berbau langit dan seluk beluknya gitu. Bukan brarti trus mendalami, aku si ngerasanya langit, bintang, bulan bahkan hal-hal lain seperti supernova ataupun blackhole bener-bener seperti keajaiban.

Secara teori, gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan berada dalam satu garis diantara Bumi dan Matahari. Jadi intinya si, mataharinya tertutup oleh bulan sehingga sinarnya gak nyampe ke bumi. Gerhana Matahari ini ada tiga macem lho. Gerhana matahari sebagian, Gerhana matahari total sama gerhana matahari cincin. Katanya si yang paling bagus gerhana matahari cincin. Pada saat itu, matahari tidak sepenuhnya tertutup piringan bulan. Ukuran piringannya lebih kecil sehingga sinar matahari masih keliatan di sekeliling piringan bulan.. Wow!! pasti indah bgt. sayangnya aku cuma bisa ngeliat di gambar. hehehe.. belom pernah ngalamin langsung.

Gerhana bulan kali ini memang gak bisa dilihat dari Indonesia. Peristiwa ini cuma terjadi di bagian utara katulistiwa antara lain di Canada, Greenland, the Arctic Ocean, Russia, Mongolia, and China. Uniknya, bakal ada live streaming dari salah satu situs ilmu pengetahuan melalui satelit di Yiwu, China.

Ni siarannya udah di mulai.. tapi, mana gerhana mataharinya ya??

Kayanya mesti sabar deh.. secara juga live streamingnya agak lemot.

Well.. sekali lagi Gusti Allah bakal menunjukkan kebesaranNya melalui banyak peristiwa..

Tidak ada komentar: