31.12.08

maksa ah..

liat-liat daftar postingan, ternyat banyak tulisan yang gak jadi di posting karena berbagai hal.. ada yang karena gak slesei, ada yang gara-gara telat moment, macem-macem deh..
tapi karena maw tutup tahun dan daripada mubadzir ya.. sekarang aku publish ajah.. gak mutu juga gak papa hahaha.. mm.. dipublish berdasarkan tanggal pas mood nulisnya dulu dengan sedikit editan.. satu satu jejak kutinggalkan.. (waks!!)

Pic from here: www.hellomynameisblog.com

menjelang awal tahun

sudah mau ganti tahun.. apa yang sudah kamu lakukan?? yah.. waktu serasa terlewati begitu saja..
Kalau di televisi, acara-acara gosip, berita bahkan musik satu persatu membahas peristiwa penting di tahun 2008, maka aku ingin juga membahasnya di sini, di satu titik akhir yang akan menjadi awal juga..

Peristiwa pentingku tahun ini:
Menikah.. tentu aja ini moment paling penting di tahun ini. Setelah beberapa tahun bersama ini adalah keputusan penting buat saya, buat kami berdua.. menjalani hidup bersama saya anggap jadi berkah, karena aku jadi kita, sendiri jadi berdua.. hmm.. saya harap satu titik penting di tahun ini akan menjadi awal yang memberi warna pada kebersamaan kami selanjutnya..
Resign.. Keputusan yang sebenarnya tidak terlalu sulit, karena saya sudah sering kali hampir melakukannya di bulan-bulan sebelumnya, hanya saja karena alasan tanggung jawab *alesan ajjah* saya sering kali batal melaksanakan keinginan saya ini. Hampir di penghujung tahun akhirnya saya sudahi juga.. dan walaupun sampai saat ini saya belum mendapat pekerjaan kantoran baru *hiks* saya merasa lebih happy.. Bruntungnya.. gara-gara saya lebih banyak di rumah, saya jadi banyak waktu untuk blajar banyak hal yang dulu ga sempet, mulai dari masak (walau sayur oseng tetep jadi sayur andalan), bikin cross stich (proyek pertama saya buat kado seorang teman), ngerjain proyek-proyek aneh (ada penataan kampung segala), dan mengurus suami hahaha itu si sudah kewajiban..

Oya.. ada beberapa peristiwa yang gak kalah membahagiakan di tahun ini walau gak semua menyangkut diriku secara pribadi..
Beberapa pernikahan teman-teman seperti Renny & Yogi, Ika & Ndaru, Yusti & Yan dan trakhir di penghujung tahun kemaren Rima & Sitek *ups.. Sofyan* juga jadi moment seru.. Acara lamaran Tanti oleh Happy juga, kita teman-temannya mengira kalo ini acara udah acara kawinan aja hahahaha.. soalnya cukup ramai dengan kehadiran tetangga dan handai taulan hihihi..

Ups.. ternyata gak banyak yang bisa ditulis di catatan akhir tahun ini.. Ditangan seorang yang bukan penulis, crita setahun bisa jadi cuma sebaris hahaha
Mmm.. masih terngiang satu bait lagu yang dari dulu jadi favorit saya sebagai penutup tahun ini..

Closing time..
Every new beginning comes from some other beginning's end
..

5.12.08

silence is gold??

kalau diamku bisa membuatmu tinggal,
sedikit lebih lama untuk tetap di sini..
maka aku hanya akan diam..

24.11.08

cape deh..

Menghindar..
Jalan ini kadang di tempuh orang yang menganggap menghindar sebagai penyelesaian suatu masalah. Saya pernah, dan saya yakin banyak orang juga pernah menghindari sesuatu karena berbagai alasan.
Seorang teman yang telah lama saya kenal menghindari mantan pacarnya yang telah menikah karena alasan sakit hari. Ada lagi seorang yang saya kenal juga, menghindar karena alasan pekerjaan yang tidak terselesaikan, atau bentuk-bentuk penghindaran lain dengan berbagai macam alasan..

Saya pernah juga menghindar. Bersembunyi dari orang yang mengejar-ngejar saya entah karena alasan sakit hati, patah hati, pekerjaan yang belum terselesaikan dan beberapa hal lain. Hanya saja.. akhir-akhir ini saya sedikit mengerti.. lelah hidup dalam peristiwa "penghindaran".
Dunia ini terlalu sempit untuk kita terus berlari. Percaya tidak percaya, suatu kali saya menghindar untuk berhubungan dengan mantan, dan akhirnya kami bertemu di satu kota tempat saya bekerja. What a small world!!
Hidup ini terlalu singkat untuk kita terus bersakit-sakit hati dan menciptakan jarak. Saya pernah lelah. Dan sekarang saya lebih senang menghadapinya saja. Entah saya akan ditampar karena kesalahan saya, atau saya akan dicaci maki karena perbuatan saya yang lalu, saya akan menghadapinya saja. Dan setelah itu saya harap semuanya selesai.. Damai..

Suatu ketika saya berhadapan pada posisi dihindari orang.. lucu rasanya.. saya tidak berniat mengejar-ngejar dia atas alasan sesuatu yang memang belum selesai.. Saya hanya ingin semuanya berjalan seperti biasa. Jika memang ada masalah lebih baik jika disampaikan saja karena saya dalam posisi menunggu jawaban. Saya tidak akan menjadi seperti orang lain yang menghakimi dia atas sebuah janji yang pernah dia ucapkan kemarin namun belum juga dipenuhinya.. Yah.. orang dengan kedudukan besar ternyata tidak berarti besar pula nyalinya.. terbukti banyak sekali orang-orang besar yang saat ini menghilang entah kemana karena takut bertanggung jawab atas perbuatannya pada orang lain.. sekali lagi dan lagi.. mereka menghindar..

Saya rasa.. hampir semua orang pernah menghindari sesuatu.. entah dengan alasan baik atau buruk sekalipun.. dengan cara yang lucu, aneh bahkan wagu..

21.11.08

kangen..

aku merindukan seseorang.. yang tanpa aku sadari ternyata dia teman sejatiku..
Kadang, dia hanya duduk mendengar setiap ceritaku tanpa merasa harus mengomentarinya, sepertinya dia tahu, "didengar" menjadi satu moment yang sangat istimewa bagiku.
Aku kangen dia, yang hanya memeluk ketika aku merasa ada yang salah denganku.. hanya berkata "tenanglah va.. semua baik-baik saja seperti apa yang kamu percaya selama ini"

just ask..

? Kalau ada orang yang mempertanyakan keputusanmu dan menganggap itu bukan jalan benar yang kamu pilih, maka kamu akan??
1. percaya dengan keputusanmu sendiri dan terus jalan aja. Masa bodo deh kata orang..
2. meninjau ulang langkahmu itu, let say.. kali aja masih bisa jalan balik, dan lagian yang ngasi nasehat juga orang-orang terdekat sendiri..

Just ask kok.. yang punya waktu mau jawab, ya makasi sekaliiii...

menunggu..


bila engkau tidak berbahagia di dalam keadaanmu itu, mengapakah engkau selalu menjadi yang pertama untuk mempertahankannya?
MTSC - sebetulnya apakah yang sedang kamu tunggu?

Kata-kata seorang guru ini pernah beberapa kali saya dengar sebelum beliau menulisnya di Milis beberapa waktu yang lalu. Bagi saya sangat dalam maknanya karena memang, seringkali kita mengeluhkan keadaan kita saat ini tanpa berbuat apa-apa untuk memperbaikinya. Kesalahan ini yang saya putuskan tidak akan saya jalani terus-menerus. Dan saya menyudahinya.

Sekarang ini saya memilih untuk bekerja sesuai apa yang saya yakini baik untuk diri saya saat ini, sambil menunggu kesempatan-kesempatan baru yang saya anggap tepat. Ya.. beberapa lama setelah bekerja saya memang menyadari, bahwa seperti apa yang dikatakan beliau, uang sudah semestinya tidak menjadi tujuan UTAMA saya bekerja, bukan karena saya tidak membutuhkan uang, tapi karena ketika saya bekerja demi uang, hanya uang sajalah yang saya dapat. Tidak yang lain. Tidak pelajaran, tidak pengalaman, bahkan tidak kebahagiaan hidup saya.

Selama saya mengikuti milis ini, guru saya ini selalu saja membawa kegelisahan- kegelisahan baru dalam diri saya setiap kali saya merasa nyaman di satu titik.

bagaimana engkau akan tertarik untuk sampai pada keadaan yang lebih baik, bila engkau tidak gelisah dengan keadaanmu sekarang?

MTSC - sebetulnya apakah yang sedang kamu tunggu?

Seperti memangkas daun-daun tua pada sebatang pohon mangga untuk membuat pohon itu berbuah, petuah-petuah baru yang mendatangkan kegelisahan ini bagaikan memangkas batang-batang tua saya dan menjadikannya pucuk-pucuk daun baru yang lebih baik, lebih segar, bahkan membawa bunga yang nantinya akan menghasilkan buah.
Ya.. saya kembali dibuat gelisah.. Dan jangan bilang saya terlalu optimis karena saya putuskan, saya tidak mau lagi menunggu tanpa tau apa yang sedang saya "tunggu"..

7.11.08

Barack Obama dan Indonesia??

WASHINGTON,RABU-Calon presiden partai Demokrat Barack Obama mencetak sejarah menjadi presiden kulit hitam pertama AS, Selasa (4/11) waktu setempat atau Rabu (5/11) waktu Indonesia. (kompas.com)

Siapa yang tidak tahu berita ini.. semua orang, semua negara membicarakannya, setelah pemilu Amerika melalui proses panjangnya. Ya.. Barack Obama terpilih.. dan, Selamat menjadi presiden Amerika yang baru tentunya. Uniknya pemilihan presiden Amerika kali ini benar-benar menyita perhatian banyak pihak, termasuk di Indonesia. Saya sendiri biasanya masa bodo (saking parahnya, terpilihnya Bush sebagai presiden Amerika 4 tahun lalu saja baru saya ketahui beberapa bulan sesudahnya). Tapi untuk kali ini, berhubung media juga heboh mempublikasikannya, saya pun akhirnya mengikuti juga (kadang-kadang). Ya.. heboh memang. Karena Barack Obama pernah tinggal di Indonesia selama 4 tahun, HANYA 4 tahun.

Semenjak Obama di publikasikan sebagai salah satu calon presiden demokrat bersaing dengan Hilarry, berbagai berita bermunculan. Ditemukan salah satu fakta bahwa dia pernah tinggal di Indonesia sampai pada akhirnya media sering memanggilnya "anak menteng". Orang-orang yang merasa pernah mengenalnya pun mulai bermunculan. Mulai dari guru SD, teman SD, tetangga sebelah rumah, tetangga depan rumah, teman main di kampung, kakak tiri, kakak angkat (kalo keluarga masih oke lah..) semuanya berbondong-bondong menujukkan keberadaannya. Terdengar sinis mungkin.. tapi.. memang, bagai laron mengerumuni lampu ketika musim hujan.. moment ini benar-benar terlihat nyata di depan mata. "Barry" kembali di ingat, kembali di kenang. Setelah menjadi orang besar. Salut. Saya sendiri mengaguminya, dan mungkin akan berbuat kehebohan yang sama jika saya pernah mengenalnya. Hahaha.. lebih norak mungkin ya..

Yang saya heran.. Banyak orang Indonesia yang mempunyai harapan besar dengan terpilihnya Obama kali ini. Bukannya tidak optimis, tapi benarkah dengan terpilihnya Obama akan membawa dampak yang positif bagi Indonesia? Pada beberapa dialog yang membahas kemenangan Obama, banyak yang berbicara seolah-olah menuntut Obama bisa membawa perubahan positif hubungan Indonesia - Amerika hanya karena 4 tahun yang dia habiskan di sini..
Memang, dalam sebuah tayangan biografinya, Obama disebut-sebut sebagai seorang multi ras dengan toleransi yang sangat tinggi akibat pengalaman hidup dan juga darah yang mengalir dalam dirinya. Dia adalah orang Kenya, orang Amerika, dan juga Indonesia. Tapi apa? seperti seorang calon bupati atau bahkan presiden yang membawa-bawa tempat lahirnya hanya untuk mencari dukungan, di sebutnya Indonesia dalam sebuah biografi Obama belom membuktikan apa-apa.

Ya benar, saya terinspirasi oleh kemenangan Obama. "Anak Menteng" yang menembus kemustahilan White House, sama seperti halnya pungguk yang mendapatkan bulan, itu adalah keniscayaan. Kepesimisan saya kali bukan bermaksud sinis. Kepesimisan saya kali ini hanya membutuhkan sebuah bukti. Kita lihat saja nanti.

Sumber gambar: dari sini

6.11.08

resign

Ini hari terakhir saya di kantor ini. Setelah satu tahun yang panjang dan tak terasa, akhirnya saya akan meninggalkan kantor ini. Memang ini yang saya mau, bahkan walaupun saya belum mendapatkan kantor baru sebagai tempat mencari penghidupan baru. Saya memutuskan untuk keluar. Tidak ada alasan yang pasti mungkin. Tapi yang jelas, saya tidak akan membiarkan diri saya bersabar untuk hal yang menurut hati, pikiran, dan kantong saya itu "tidak baik". Saya tidak akan membiarkan hati saya menggerutu sepanjang pagi, hari, minggu, bulan dan tahun yang akan saya lewati jika saya masih di sini. Jadi.. CUKUP. Saya berhenti di sini. Saat ini. Untuk memulai awal baru.

29.10.08

baru tau..

ups.. baru tau kalau tulisan tentang hari Sumpah Pemuda kemarin agak kadaluwarsa.. gara-gara belom tidur jadi gak kerasa kalau waktu sudah berganti hari..

gak papa lah.. namanya juga khilaf..
mm.. sekarang waktunya blogwalking!!

Sumpah.. Hari ini hari Sumpah Pemuda!!

Saya pikir ini hari yang cukup penting.. setelah kemarin saya berulang tahun, hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi para pemuda Indonesia. 28 Oktober adalah hari sumpah pemuda. Kata sejarah si.. hari, 80 tahun yang lalu, para pemuda bersatu padu setelah sekian lama berai dengan berbagai Jong-nya.

Hari ini banyak moment yang ditujukan untuk mengenang dan membangkitkan kembali semangat itu. Berbagai upacara dan pemberian penghargaan diberika untuk pemuda-pemuda masa kini yang berprestasi. Selamat! bukan hanya yang berada di hadapan presiden itu saja yang pantas diberi penghargaan. Andapun pantas, karena anda adalah pemuda-pemuda yang selalu berjuang dalam kehidupan sehari-hari anda. Selamat, dan berbangga hatilah..

Sempet ketawa-ketawa tadi ketika salah satu stasiun televisi membuat wawancara masyarakat tentang isi teks Sumpah Pemuda itu sendiri. Bukan hanya menertawakan mereka. Tapi sumpah!! saya sendiripun tidak hapal isinya hahahaha.. So.. saya googling saja, dan inilah isinya:

  • PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.
  • KEDOEA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.
  • KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.
Mantep kan..
Berdasarkan pengalaman ngeliat wawancara pada moment sejenis.. sepertinya saya harus menghafalkan beberapa naskah negara bersejarah. Maklum.. banyak yang lupa. Ya.. daripada gak malu, kali aja ketangkep di wawancara (artis bukan.. sering ke kota enggak.. maen ke stasiun tivi juga gak pernah.. siapa si lo?! hehe..)

Selamat Hari Sumpah Pemuda teman-teman!!

Sumber gambar: beritasore.com

27.10.08

my besday..

Hari ini ulang tahunku.. bukan hari yang penting sekali si, hanya saja angka di biodata pastinya bertambah (tanti bilang 'umur eva udah banyak ya' hihi), sedangkan kesempatan hidup berkurang satu taun lagi.

27 - 27.
Tanggal 27 usia ke 27. Tidak terasa juga sudah setua itu. Angka unik ini aku anggap jadi pengingat untuk lebih garang menghadapi hidup. Kalau di usia sebelumnya aku masih lelet, ogah-ogahan dalam banyak hal, maka demi masa dan angka keramat ini hal-hal yang kaya gitu mesti di rubah hihihi.. Sepertinya bukan hal yang mudah, mengingat itu sudah menjadi kebiasaan bertahun-tahun. Tapi bukankah kita berhak untuk terus memperbarui diri??
So.. never give up for better improvement.. and best whishes for my self..

26.10.08

"Laskar Pelangi" tadi malam

Setelah mengalami berbagai hambatan untuk menonton film ini gara-gara animo masyarakat yang masih antusias banget..banget, akhirnya tadi malam kami putuskan dan wajibkan menonton film ini hari itu juga. Saya cukup kagum dengan film ini. Mengingat sudah hampir satu bulan, namun tiket untuk semua jam hampir dipastikan habis terjual setiap harinya. Entah sudah berapa juta tiket yang terjual saya belom tahu. Namun yang jelas beberapa kali mengantri tiket, selalu saja jam terakhir yang tersisa dan pada akhirnya habis juga.


Singkat kata.. saya dan suami akhirnya menonton film ini. Gara-gara dapat tiket malam (jam 21.45), ditambah hari sabtu kemarin seharian kami muter-muter mengejar rejeki dari kebun jeruk sampai bekasi naik motor, suami saya sudah berniat untuk tidur saja waktu nonton kemarin. Maklum.. beberapa kali kami sempat membahas bukunya, dan sama-sama 'mental' gak selesai bacanya. -sebagian besar penggemar buku Laskar Pelangi pasti membodoh-bodohkan kami hehe-

Ternyata niat suami saya tidak pernah terlaksana. Memang.. secara keseluruhan film ini adalah film yang membawa kembali semangat bermimpi bagi semua orang. Inspiring banget deh pokoknya. Mengingatkan saya pada film serupa sebelumnya -Denias- yang juga sangat saya sukai. Menonton film ini, pastinya kita disuguhi banyak hal. Humor, petuah, semangat, persahabatan dan hal-hal yang mungkin tidak pernah kita jumpai sebelumnya. Kita mungkin tidak akan pernah tau atau peduli ketika seorang anak seumur Lintang harus berhenti sekolah dan menjadi tulang punggung keluarga. Atau menemukan seorang bocah yang membawa radio butut kesana kemari (kalau kita si minimal mp3 atau ipod kali ya..). Benar-benar sesuatu yang Indonesia Banget! menyegarkan, menyentuh, menghibur dan Finally.. suami saya menikmatinya sampai akhir (gak tau gara-gara berisik atau karena memang bagus..hahaha..)

Memang.. beberapa hal tidak pernah bisa digantikan dengan visual. Yang saya ingat waktu membaca bukunya, Si Tokoh ikal begitu memuja teman-temannya. Lintang yang sangat cerdas, Mahar yang seorang seniman kecil jenius, Trapani yang tampan, Sahara satu-satunya perempuan di kelas yang teguh beragama, Akiong yang sering kali bertengkar dengan Sahara, Syahdan yang memang tidak terlalu menonjol, Kucai sang ketua kelas, Borek si samson, dan Harun yang menjadi tokoh penyelamat kelas baru SD Muhamadiyah, semuanya mendapatan porsi yang seimbang dalam buku. Bagi penggemar bukunya pasti banyak hal yang dulu dibayangkan tidak terungkapkan secara visual terutama karakter (menurut saya).
Tapi buat saya, yang jelas.. mau suka bukunya atau filmnya, over all.. good jobs for Andrea Hirata for great stories, and Riri Riza for great film -Settingnya oke, Bintang-bintang cilik barunya fresh dan orisinil banget, lagu-lagunya juga keren-keren..- Jadi.. salut juga film-film Indonesia yang semakin bermutu. Walau agak telat, Laskar Pelangi tadi malam yang pasti meninggalkan jejak di sini.

bersamamu.. kuhabiskan waktu..
senang bisa mengenal dirimu..
rasanya semua.. begitu sempurna, sayang untuk mengahirinya..
janganlah berganti..
(sahabat kecil, by: ipang on Laskar Pelangi)

24.10.08

Malaikat itu..


Malaikat itu ada.. saya tahu itu,
Selama ini saya mencarinya. Sibuk mempertanyakan dimana adanya..
Sibuk mencari tau bagaimana wujudnya..

Malaikat itu ada.. semua juga tahu..
Selama ini saya memburunya.
Bertanya kesana kemari, membaca banyak kitab dan buku, menjelajahi tempat-tempat sepi..

Suatu ketika saya tertegun..
Saya merasa menemukannya.. Saat saya melihat tatapan polos seorang bocah penjual koran,
atau saat lain ketika saya melihat pandangan penuh kasih seorang ibu.. saya melihatnya.
Ternyata dia dekat..
Tanpa dicaripun malaikat itu ada sekitar saya.
Tidak perlu mata sakti. Hanya perlu sedikit kejernihan.. sedikit jernih dari sebelumnya
Lalu mereka akan bermunculan..
Disamping saya, di depan saya.. dalam halaman friendster saya, dalam phonebook saya.. bahkan di badan trotoar yang selama ini sering saya lewati..

Malaikat itu tanpa sayap..
Mereka tidak perlu sayap, karena tanpa itupun mereka telah terbang. Setidaknya dalam pikiran saya.. dalam hati saya..
Saya menemukannya..

Cooking, in my mind, in my real..

'Belanjanya sering.. masaknya kapan?? Kayaknya belanja mulu tapi jarang masak.'
Komentar ini hampir seringkali aku dengar setiap kali aku mengajak Mas belanja. Iya si.. kalau soal belanja, hampir dipastikan sering (seminggu sekali ke market-market gitu, seminggu dua kali ke tukang sayur). Soal memasak, buat aku gampang-gampang susah. Gampang kalau masaknya buat aku sendiri, susah-susah gampang kalo buat my hubby. Sebenernya si karena aku sendiri sedang mempelajari masakan apa yang bisa dia bener-bener nikmatin (yang bisa aku masak sendiri ya.. kalo yang beli si tau).

Jadi.. mulailah aku mencari ilmu untuk meningkatkan kemampuanku di bidang masak memasak. Tukar menukar info web resep sama renns, browsing-browsing resep baru, sampai yang terakhir beli buku resep masakannya Bu Siska, semua deh aku lakukan.. Semoga bisa makin mahir, walau tetap saja.. kegemaran belanja sayuran dan memasak bisa jadi dua hal yang terpisah jauh buat aku. Belanja si belanja aja.. soal mau di masak atau enggak itu urusan nanti hahahaha.. (duuhh.. kasian banget suamiku..)

By the way.. pertanyaanku soal makanan kesukaan suami sedikit demi sedikit mulai terkuak (cieh). Kemarin pas abis sakit flu, setelah lama gak makan goreng-goreng dan pedes-pedes.. malamnya aku goreng ikan bandeng dari mimih, ngrebus bayam buat lalap, plus sambel trasi pedes. Heran aja, malam itu my lovely hubby makan banyak banget.. agak takjub juga.. ternyata seleranya gak jauh-jauh amat (haha..). Produk masakan kadang jadi tak terduga. Apa yang dibayangkan.. apa yang dinikmati..

Heran.. kayaknya aku yang lelet, masa setelah beberapa lama ini aku baru sadar..
Cooking for love, is simple..

22.10.08

Kemana Aja ya aku??

Hampir sebulan lebih kayaknya gak posting. Bukan cuma karena kelewatan libur hari raya, tapi juga karena skarang pindah meja yang tidak terjangkau kabel internet. Jauh dari peradaban..
Hari ini, akhirnya sempat juga blogwalking. Mengunjungi blog teman-teman lama dan baru, yang ternyata sudah banyak terisi cerita-cerita baru.. hahaha.. kemana saja aku akhir-akhir ini??

Bayangin aja.. di saat smua orang -pasti- sudah menonton Laskar Pelangi yang menghebohkan itu.. I'm.. not yet.. (hihi..)
Saat beberapa teman berkutat dengan rectro versonya Dee Lestari.. aku cuma bengong.. hihihi.. ketinggalan jaman banget deh..

Soal Laskar Pelangi sendiri, memang sudah sering banget di bahas di berbagai media. Banyak orang yang memuji. Mungkin karena memang memang bagus filmnya (belom nonton si). Kalau bukunya.. pernah si bahas di Kick Andy dan berbagai acara bedah buku. Banyak banget yang suka karena buku ini jadi salah satu karya sastra yang membangkitkan semangat pendidikan di Indonesia lewat kisah perjuangan bocah-bocah Belitong. Aku sendiri pernah baca. Tapi gak selesai. Entah kenapa terhenti di tengah jalan, dan gak begitu bersemangat buat menyelesaikannya. Mungkin karena lagi kurang mood, lalu mungkin karena buku itu di tulis dengan bahasa sastra melayu yang cukup kental dengan berbagai gaya bahasanya. Aneh ya.. sama seperti ketika aku membaca rangkaian kata Khalil Gibran yang menjadi idola banyak pujangga.. Rangkaian katanya indah.. tapi bukan aku banget hehehe. Yah.. untuk kasus yang seperti ini, yang jelas.. bukan salah penulisnya karena buku ini jelas-jelas digemari dan menjadi inspirasi banyak orang. Jadi strateginya.. nonton filmnya dulu, baru baca bukunya. Gitu aja lah..

By the way.. nanti sore mesti jadi nih nonton Laskar Pelangi-nya..

18.9.08

penyemangat indah hari ini

Duh.. aku lagi tergila-gila dengan milis baru ini. Tiap hari, ada saja email baru yang tiap katanya penuh makna, penuh dengan bahan perenungan baru. Dengan berbagai macam perstiwa yang terjadi kemarin (bertengkar dengan teman, marah pada suami, kena semprot klient), hari ini saya di tepuk lagi oleh sebuah tulisan dari sang guru. Entah.. saking bagusnya (menurut saya..) saya sampai tidak berani mengurangi satu katapun (ada sedikit ding..)

BERANIKANLAH UNTUK MEMPERBARUI DIRI

Beranikanlah untuk memperbarui diri,
karena tidak mungkin sebuah pribadi yang lama
berhak bagi sesuatu yang baru.


Mulai hari ini, marilah kita bersungguh-sungguh untuk mengganti setiap dan semua cara kita yang tidak sesuai lagi bagi kebesaran yang kita inginkan bagi diri kita sendiri.

Bila banyak dari yang Anda inginkan belum mengambil bentuk nyatanya yang menjadikan kehidupan Anda lebih utuh, dan bila banyak dari keinginan Anda hanya menjadi penyemangat bagi Anda untuk merajut lebih banyak keinginan baru, maka Anda harus tulus menerima bahwa ada yang harus diperbarui.

Sadarilah bahwa,
Tidak semua keinginan untuk menjadi,
disertai dengan upaya membangun kepantasan untuk menjadi.

Maka pertanyaannya kepada Anda,
Apakah yang sedang Anda kerjakan hari ini adalah upaya bernilai yang akan menjadikan Anda pantas menerima yang Anda minta?
Ataukah Anda sedang bekerja untuk menunggu waktu pulang?

Jangan heran, karena ada di antara kita yang ketidak-sabarannya bukanlah terhadap lambatnya reaksi pasar atau kekurang-sigapan organisasinya, tetapi terutama terhadap lambatnya kedatangan akhir minggu ini. Sebagian dari kita sedang tidak sabar untuk membangun hasil-hasil super dalam pekerjaan kita, dan sebagian lagi sedang tidak sabar untuk menghidari pekerjaan. Mereka berbeda, tetapi mereka memiliki kesamaan yang akut; yaitu keduanya menginginkan keberhasilan melalui pekerjaan mereka. Yang satu menginginkan keberhasilan melalui yang dikerjakannya, dan yang satu ini menginginkan keberhasilan dari pekerjaan yang kalau bisa dihindarinya.

Ada beberapa dada yang menjadi sesak karena membaca ini.
Tetapi berbahagialah, karena itu tanda bahwa Anda mengenali keharusan untuk memperbaruhi diri. Pribadi yang baru berhak bagi yang baru.

Segera setelah mengerti, berlakulah seperti yang Anda mengerti. Karena, bila yang Anda lakukan tidak berhubungan dengan pengertian baik, untuk apakah yang Anda lakukan itu? Ingatlah bahwa kesibukan Anda tidak boleh hanya berkenaan dengan pengumpulan uang, tetapi juga termasuk kesibukan untuk menjadikan diri Anda sebagai pencerah bagi kehidupan mereka yang penting dalam kehidupan Anda.

Sudahkah Anda menelepon istri atau suami Anda di tempat kerjanya atau di rumah?
Teleponlah, dan katakan bahwa Anda menelepon hanya untuk mengatakan terima kasih atas kesediaannya untuk menua bersama Anda. Beritahulah dia bahwa Anda menyayanginya. Katakanlah bahwa Anda kangen, dan ingin segera memeluknya. Mintalah maaf bila Anda belum bisa membuatnya merasa sebagai yang paling penting dalam hidup Anda.

Anda dilahirkan dengan hati yang lembut, gunakanlah.
Mario Teguh

*Saya rasa.. saya berhak menjadi pribadi yang baru. Gals.. I'm sorry, entah dimaafkan atau tidak, just want to say, I love u all..

16.9.08

turut berbela sungkawa

innalilahi wa innailaihi rojiuun..

21 orang meninggal dalam pembagian zakat di Pasuruan.. ini adalah salah satu potret buram kemiskinan di Indonesia. Entah sampai kapan ini akan terus terjadi, dan entah siapa yang harus disalahkan. Seorang dermawan yang berniat baik namun kurang mempersiapkan kegiatannya, ataukan orang-orang kelaparan yang takut tidak kebagian jatah..
Saya sendiri hanya merasa miris.. melihat mereka begitu bernapsu memperebutkan uang yang bagi saya, hanya cukup untuk makan 1 hari bahkan 1 kali. Sungguh.. lagi-lagi saya ditampar oleh sebuah peristiwa, saya tidak menyadari.. saya amat sangat lebih beruntung dari pada mereka.. Lain kali, saya rasa niat baik harus diikuti dengan cara yang baik pula.. Kalau tidak lewat amil zakat, saya rasa di bagikan langsung ke rumah-rumah bisa jadi alternatif yang lebih baik dari pada terkonsentrasi pada satu titik.

Masalah kemiskinan di negara tercinta ini sudah sedemikian sulitnya untuk di atasi. Apalagi sekarang, kemiskinan menjadi sebuah budaya. Ditengah keprihatinan masyarakat yang benar-benar kurang beruntung ada saja pihak yang mengambil keuntungan dari sebuah 'kemiskinan'. Saya sempat prihatin melihat beberapa tayangan televisi akhir-akhir ini yang pada akhirnya sangat merugikan masyarakat kurang mampu. Catat saja industri makanan basi limbah hotel yang dijual murah dengan sekmen pasar masyarakat kurang mampu. Industri ini sudah berjalan selama 5 tahun dan masih laku sampai produsennya di tangkap kemarin. Bayangkan.. ada produksi berarti ada permintaan. Orang-orang yang kurang mampu tentu saja kurang memperhatikan itu. Mereka sering kali berpikir, asal kenyang. Tidak salah memang.. saya hanya geram melihat ada orang yang memanfaatkan keadaan seperti itu.
Bukan hanya itu, kemiskinan juga sering kali dijadikan bisnis. Beberapa waktu lalu saya melihat sebuah tayangan yang mengulas para gelandangan dan pengemis palsu. Mereka membuat dirinya seolah-olah buntung, seolah-olah sakit, atau seolah-olah korengan agar mendapatkan belas kasih. Entah bagaimana perasaan saya waktu itu.. tayangan ini bisa saja membuat orang yang benar-benar membutuhkan jadi tidak dipandang lagi karena dianggap bohong.
Entahlah.. saya rasa tidak ada yang salah dengan kemiskinan ataupun dilahirkan miskin. Satu hal yang saya rasa penting.. jangan sampai kita menyerah dengan keadaan itu.. kita tidak akan pernah lebih baik jika kita tidak berusaha menjadi baik..

Speachless.. karena sampai saat ini pun saya belom bisa berbuat apa-apa..

12.9.08

terima kasih (2)

Saya bergabung dalam sebuah milis sejak beberapa hari terakhir.. milis yang beranggotakan orang-orang santun, dan inspirator-inspirator hebat. Hari ini saya mendapatkan sebuah e-mail baru dalam inbox saya. Dari seorang rekan milis. Membahas apa yang kurang lebih saya tulis kemarin. Dan.. saya rasa, saya mengalami apa yang dia alami secara tidak sadar. Kalau boleh saya kutip beberapa tulisannya -saya ambil saja selengkapnya- maka itu menggambarkan pengalaman saya kemarin, menjelajahi file-file lama.

Tulisan berikut dari Bapak Denny Widianto, dalam milis MTSuperClub yang menceritakan pelajaran berharga dari sebuah acara reuni.

-----

Flashback in time - Time Machine. Jika ada pendapat bahwa mesin waktu belum ditemukan, maka sebaiknya orang tersebut segera mengikut reuni sekolahnya. Berada di antara rekan-rekan lama, di antara guru-guru yang pernah mengajar kita, bahkan berada di tempat di mana kita menuntut ilmu dulu, seakan-akan kita berada dalam mesin waktu, kembali ke masa lalu

Masa lalu tidak bisa kita ubah, tapi bisa kita "alami" lagi. Keadaan itu membuat kita merenungkan kembali, apa yang sudah pernah kita lakukan di masa lalu, salah satu faktor yang membuat kita menjadi seperti sekarang ini.
Belajar dari "kesalahan-kesalahan" atau "kebodohan-kebodohan" yang kita lakukan dulu, sekarang kita bisa menertawakan diri kita sendiri.

Back to the Future. Seiring dengan berakhirnya waktu reuni, itulah saatnya kembali ke masa kini. Waktunya untuk menyadari apa yang terjadi sekarang dan mulai merencanakan hal-hal besar untuk masa depan kita nanti.
Kawan-kawan yang dulu sering tertawa bersama, sekarang ada yang sudah menjadi pribadi-pribadi yang jauh berbeda. Ada yang sudah sukses menjalankan perusahaan, ada yang masih menjadi karyawan, ada pula yang masih mencari jati dirinya. Ada yang sukses dalam kehidupan, ada yang pernah mengalami kegagalan.

What you had been - what you will be. Reuni menyadarkan kita seperti apa kita dulu. Kita bisa menarik "garis lurus" dari masa itu ke masa kini dan mempelajari "trend" atau perkembangan pribadi kita sendiri.
10 tahun yang lalu kita melakukan hal ini, maka 10 tahun kemudian kita menjadi seperti ini. Jika sekarang melakukan itu, apa jadinya kita di 10 tahun kemudian?

Change the way you change. Trend "garis lurus" kehidupan pribadi yang menuju ke masa depan, bisa kita "belokkan" ke arah yang lebih besar, lebih mulia dan lebih terhormat.
Menyadari kekurangan dan kelebihan serta gaya belajar kita, mengambil keputusan untuk mengubah cara kita berubah, dan memantaskan diri untuk menyambut masa depan, supaya keberhasilan tidak malu datang kepada kita.

-----

In case, banyak dari kita yang tidak mau lagi melihat masa lalu. Masa lalu adalah bagian dari masa lalu yang harus di lupakan, ditinggalkan. Namun secara pribadi, saya sendiri mulai menghargai masa lalu sebagai bagian dari hidup saya saat ini, dan ini membuat saya kembali mengucapkan terima kasih.
Terima kasih..

11.9.08

terima kasih..

Hari ini.. saya kembali melihat ke belakang. Melihat email-email lama, message dan testi lama di friendster yang sudah tertumpuk-tumpuk oleh lembaran baru.

Melihat ke belakang bukan selalu berarti 'tidak memikirkan langkah ke depan'. Bukan itu yang ingin saya cari. Hari ini tiba-tiba saya kangen dengan file-file lama. Betapa dengan membacanya saya kembali menemukan semangat baru bahwa ada, atau pernah ada orang-orang yang saya sayangi dan menyayangi saya. Bahwa pernah terjadi dialog-dialog kecil dengan orang-orang yang mungkin sekarang cukup jauh dari saya. Membaca email-email lama membuat saya berterima kasih atas kebaikan-kebaikan yang pernah diberikan kepada saya, yang kemudian mungkin dengan berjalannya waktu, lalu saya lupakan. Untuk teman-teman yang baik, terima kasih atas kebersamaannya dengan saya untuk sekian lama. Dan apapun yang terjadi, semoga persahabatan kita tetap di eratkan.

oya.. hari ini saya juga blog walking..mengunjungi blog-blognya teman dan temannya teman hehehe.. mmm... siapa aja ya tadi? tanti, renny, mas jati, dari mas jati ke eguh, dari eguh balik ke mas jati, liat blognya bu ummul, balik lagi ke blog sendiri.

mmm.. seneng deh punya teman-teman yang baik..
terima kasih..

9.9.08

Spoken

Pure saturday

If the sunset is high above
calling us to catch the light up
the heat of our heart, warms like the weather
so we keep walking hand in hand

Grass in front of us
won't barry the road we passed like before
wind blowin' softly
caressing our empty heart
so we'll never be lonely anymore

We're taking the long path
Our self are moving together
Sunset is calling...
sunset is calling again

Oooh, the story is out of line
we should pick it up again
something has been made out
the brightening day shall arrived

A word can hold the secret of the universe
and silence is the hardest thing for us to unveil

together we'll reach happiness
part the ocean and through the sky
but silence is the hardest thing for us to unveil

no matter what..

Saya sedang jatuh.. lagi. Berkali kali jatuh. Kadang sakit, kadang lelah, kadang hati ini berkata "sudah.. sudahi saja. kamu gak bakal bisa nerusin ini. ini bukan bidang kamu, kamu gak berbakat di sini. Sudahi saja, dan cari bidang lain yang mungkin lebih cocok buat kamu".

Saya mungkin bisa saja berhenti di sini.. karena berkali-kali jatuh, berkali-kali merasa tidak yakin atas kemampuan saya sendiri, berkali-kali tidak yakin atas bakat saya disini. Hugh.. menyesakkan sekali rasanya.. ketika apa yang kita yakini benar di sangkal orang lain, apa yang kita pikir indah.. di caci orang lain. Saya belom menjadi apa-apa. Lalu saya merasa jatuh lagi..

Saya mungkin saja menyudahi ini.. karena kelelahan menghadapi protes, kecapaian mendengarkan kritik, dan bahkan teriakan emosi orang-orang di sekitar. Mungkin saya akan menyudahi ini. Keluar dari sini. Sekarang. Tapi.. saya harus kemana?? Hanya dunia ini yang saya tahu.. hanya dunia ini yang saya cintai. Mungkin saya tidak benar-benar berbakat. Tapi hanya di sini menemukan semangat.

Belom.. saya memang belom menjadi apa-apa. Tapi saya tidak mungkin membiarkan 'kejatuhan' saya menjadi penyebab utama saya berhenti. Saya masih akan bangkit lagi, lagi, dan lagi. No matter how they judge us, no matter what they say..

8.9.08

Ramadhan kali ini

Salam..
Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan..

Ini Ramadhan pertama saya bersama suami, setelah bertahun-tahun menggantungkan kebutuhan buka dan sahur saya pada warung-warung sekitar kost. Sebagai anak kost, sejak lulus SMA dan berkuliah di solo, lalu lulus dan bekerja si bandung, jarang sekali saya memasak untuk hidangan buka maupun sahur saya. Mungkin hampir tidak pernah. Semua saya sandarkan pada warung-warung makan di sekitar kost saya.

Well.. ini Ramadhan pertama saya menjadi seorang istri. Jadi, tanggung jawab saya bertambah satu. Menyiapkan buka dan sahur buat suami. even.. ketika saya tidak berpuasa. Awal-awal puasa si alhamdulillah lancar. Ditambah saya dapat jatah libur 2 hari di awal puasa. Buat buka, bisa masak-masak sendiri lah walaupun saya masih dalam taraf belajar memasak (hihi..). Selama suami bilang enak, saya puas (hehehe..)

Saat sahur menjadi saat yang cukup berat buat saya. Bukan cuma masalah bangun malamnya saja, tapi juga masalah 'maw sahur sama apa??'. Walau beberapa kali googling resep buat sahur, tetep aja belom nemu menu yang pas dan praktis buat sahur. Akhirnya.. menu paling praktis yang saya temukan ya.. mie instan goreng (hahaha..). 2 bungkus mie instan buat berdua, di tambah sosis, sayuran, atau sedikit daging ayam suwir saya kira cukup bergizi buat sahur (iya gak ya..). Tapi maaf ya.. jangan kira saya tega menghidangkan meu ini setiap hari buat suami, ya enggak laah!! harus terus cari-cari menu yang praktis, enak dan bergizi hahahaha..

Beberapa hari menjalani puasa Ramadhan.. waktunya libur berpuasapun tiba. Ini juga cobaan berat. Ya secara pribadi saya tidak ada tanggung jawab dan kewajiban untuk sahur ataupun berbuka. Gawatnya.. di hari pertama saya tidak berpuasa saya lupa kalau masih ada satu orang lagi yang jadi tanggung jawab saya. Suami.

Korban: Suami
Peristiwa: Tidak disiapkan makan sahur
Waktu: Minggu 7 September 2008
Akibat: Nothing.. karena my hubby juga turut menyumbang kesalahan (tidak bangung buat sahur) jadi harus tetap bersemangat puasanya. (kasian sih sebenernya..hehehe..)

hugh.. kayaknya saya harus mengucapkan selamat pada diri sendiri atas prestasi ini. Menikah, jauh dari orang tua, rumah kontrakanku yang menyenangkan.., ruang kerjaku (dapur), keseharianku, dan Ramadhan pertamaku hanya bersama suami. Selamat datang hidup yang benar-benar baru. Ramadhan ini.. semoga menempa perjalanan kami jadi lebih baik dan lebih kuat..

25.8.08

Kota sakit...

Jakarta sakit..
Mungkin sudah lama terjadi, lama sekali. Tapi aku baru benar-benar menyadarinya kini, ketika aku melewati sebuah jembatan di tengah kota, melihat ke kanan, dan mendapati Jakarta berkabut.

Fotonya ngambil dari kafemotor tanpa ijin hehe --maaf.. gak komersil kok--

Kabut?? bukan.. tentu saja bukan. Itu bukan kabut pagi seperti di blitar yang biasa aku nanti.. bukan juga kabut sore bagai hujan, seperti yang pernah aku alami ketika mengikuti survey di tawang mangu dulu. Duhh.. Jakarta sakit parah. Kasian sekali. Bukan cuma fisiknya, tapi juga jiwa-jiwanya. Tidak adakah yang menyadari itu??

22.8.08

gimana kalo brubah?

kalo nama publishingnya berubah, tar yang udah pada ngelink ke sini jadi gak ketemu ya?? soalnya pengen ganti nama sebelum ".blogspot.com"nya. mmm.. sebenernya tinggal ganti ya.. tapi buntut-buntutnya agak ribet kayanya..

langit jakarta in august, hopefully can enjoy that

Kemarin, tanpa sengaja pas lagi browsing-browsing aku nemu sebuah software yang sangat cocok buat penggemar bintang. Nama sofwarenya stellarium. Disitu kita bisa melihat berbagai macam hal yang berkaitan dengan benda-benda langit, termasuk nama bintang, galaksi, planet, bahkan rasi-rasi bintangnya. Nyenengin banget hehehe

Penasaran, karena
udah lama juga gak ngamati bintang di langit secara langsung, jadi aku set kondisinya untuk langit Jakarta hari ini jam 8. So.. beginilah lansekap langit malam ini seharusnya..

North sky

East sky

South sky

West sky

Nah, kaya gitu tuh seharusnya yang bisa kita nikmatin di langit, malam agustus ini. Konon polusi cahaya di Jakarta udah cukup parah. Jadi.. cahaya bintangnya kalah sama lampu-lampu yang ada. Lagian kecenderungan orang skarang lebih banyak yang suka nikmatin artificial lighting itu sendiri. Terbukti, high-rise building untuk lapak yang lebih tinggi walau harga selangit tapi tetap saja banyak diminati. City view gitu deh katanya...

ini bintangku, mana bintangmu??

Untuk lansekap langit yang ini aku ambil karena ternyata rasi kesayanganku udah mulai muncul. mungkin karena udah mendekati oktober juga si.. Di sini ada rasi scorpius. hihihi keren loh.. dari dulu rasi bintang yang cukup sulit, tapi sudah bisa aku kenali, ya cuma ini. Yang laen, semacam gemini, hercules dll masih belom ketemu.

enjoy sky..
it
give a shot in your arm..

good news

Barusan dapet kabar gembira..
seorang teman mendapatkan kembali kebahagiaanya yang sempat terlepas.
Namanya juga cinta, kalaupun sempat terpisah, masing-masing pasti menemukan jalannya untuk kembali bersama. Yang selalu penting untuk diingat si.. tangan kanan saja tidak akan menimbulkan nada tepukan tanpa tangan kiri. Keduanya saling melengkapi, saling mendukung.

yah.. cinta memang layak buat diperjuangkan..

21.8.08

sahabat-sahabat kecilku

aku lihat semuanya berubah..
jaman berubah, teman-teman berubah, lingkungan berubah, aku berubah..
Perubahan memang sesuatu yang tidak dapat dihindari, karena waktu selalu berjalan maju. Belum pernah mundur.

Suatu ketika aku berbincang dengan teman lama, kebetulan teman dari SD hingga SMA. Kami mengingat kejadian-kejadian lalu. Masa kecil, masa puber, masa-masa remaja dulu. Dulu kami sering kali bertengkar. Karena hal-hal yang sangat remeh. Maklum, anak kecil ternyata sudah punya insting teman posesif. Adda aja yang membuat kami satru (marahan dalam bahasa jawa) selama beberapa hari, bahkan minggu cuma gara-gara si dia main dengan teman lain. hehehe maunya kalo dia temanku ya main sama aku. Gitu. Itu jaman SD lho. Lalu kami menginjak SMP. Kelas 1 kami sekelas. Bisa di bilang kami ini pasangan moody. Berempat bersama 2 teman baru kami sering jalan bareng. Suatu ketika, dengan alasan yang hampir sama seperti waktu masih SD itu (posesif friend) kami bertengakar -lagi- kali ini membawa ke satu titik dimana kami menjauh. Aku pindah bangku dan lamaa sekali kami tidak bertegur sapa. Bahkan ketika SMA kami satu kelas lagi, jarak itu masih saja ada.

Sekarang kami bertemu lagi. Setelah kami melewati beberapa tahun tanpa kabar, setelah kami melalui berbagai pengalaman baru, pelajaran baru sebagai orang yang lebih dewasa. Kami berubah.. entah mengapa ada kerinduan dalam diri ketika melihat dia berubah, saya berubah. Kami berubah.. Bersama-sama kami menertawakan kebodohan-kebodahan kami di masa lalu. Bersama-sama kami melupakan segala benci yang dulu.

Kami tertawa lagi..
bersama.. Dan..
Itu indah..

nice pic ambil di halaman orang ini

20.8.08

lovely song


Yesterday I found my self alone

In the dark and no one else
Then you came to me at night
And said "don't worry it's alright"

I want you to hold me in your soul
It makes me easy
Makes me fine
But how that dream will be come true
Will it be tomorrow, I don't know

I can't say anything
Or bring you something
I hope you can feel this
My desire...

Everything I want to say to you
Is wrapped around in my mouth
Come into my door don't be afraid
I'll catch you back around your head

I can't say anything
Or bring you something
I hope you can feel this
My desire...

Everything I want to say to you
Is wrapped around in my mouth
Come into my door don't be afraid
I'll catch you back around your head

lagu yang selalu mengisi playlistku..
pure saturday, desire..
.

19.8.08

17 Agustus, ke Kandang Jurang doank..


Kandang jurang doank..

Agak bingung juga nulisnya, mulai dari mana. Soalnya, kemarin juga cuma datang, nonton Bang Iwan Fals (yang cuma dapet sepotong lagunya), nonton mas Dik Doank wawancara, ngobrol ma Renns, Tee, Happy, Yogi dan suami, trus pulang. Gitu doank!!

Cuma salah satu dari sekian kunjungan iseng yang ternyata berkesan mendalam. Lalu, aku kembali teringat mimpi-mimpi yang dulu sering datang, terbayang, dan entah kapan terwujudkan. Secara gitu loh, aku cuma punya mimpi, dan modal dengkul! Tapi ya.. gak papa kali ya.. banyak orang yang besar, berhasil juga berawal dari sebuah mimpi.

liat tuh yang pada mejeng hihi

berharap smakin hari mimpi-mimpi itu smakin mendekati kenyataan..

15.8.08

cerita setahun lalu..

sebenernya ini cerita setahun lalu ketika aku masih di bandung.. keinget kenangannya, plus karena gak tau juga gimana caranya mindahin tulisan-tulisan dari blog lama kaya tanti jadi di posting ulang aja deh hehehe..

Ceritanya si jalan-jalan ke sekitar bandung bareng mantan pacar dulu. Mmmm.. ke kawah putih, sama situ Patenggangnya. Crita tentang situ Patenggang sampe sekarang belom ke tulis juga tuh.. maw gimana lagi.. penulis amatir si, jadi semaunya hehehe

Ini tentang: CIWIDEY – KAWAH PUTIH

Tempat ini nih dah lama banget pengen aku kunjungi. Dulu sempet liat di tivi, katanya salah satu obyek wisata di kawasan ini menarik banget.. ya.. jadi penasaran deh.

Akhirnya.. di suatu hari minggu yang cerah berangkatlah aku ke sana. Berdua, naik motor. mmm.. penasaran kaya apa si kawah putih yang terkenal itu??

Aku sama Bang Bub brangkat jam sembilanan. Karena takut gak ada makanan ato makanan di sana mahal-mahal, jdi kami beli nasi bungkus di KFC. Konyol yak.. jauh-jauh menyepi, makannya makanan kota juga hehehe

Oke deh, setelah persiapan selesai.. jam 9 lebih kami mulai berangkat. Bingung juga ke arah mana (yang bingung sebenarnya cuma aku, maklum baru pertama) tapi yang jelas, kita lewat daerah Cibaduyut, TVRI Bandung, terusss.. teruss.. sampai akhirnya ketemu daerah sejuk dengan kebun stroberi di sepanjang kanan dan kiri jalan.

Kalau mau, kita boleh metik sendiri dan makan sepuasnya dengan membayar sejumlah uang (gak tau brapa he..)

Sepanjang jalan ke arah Ciwidey memang jadi sentra perkebunan stroberi. Hampir kaya kebun-kebun stroberi di Lembang gitu deh. mmm banyangin aja segarnya stroberi di siang hari yang panassss nyam.. nyam..

Sekitar 1.5 jam naik motor dari Bandung sampailah kami di persimpangan jalan: mau ke Kawah Putih atau ke arah Situ Patenggang.

Yup! Kawah putih dulu dong.. lebih dekat dan emang dari dulu tempat yang satu ini yang bikin penasaran. Masuk ke lokasi kawah putih, kita dipungut biaya alias bayar mm.. brapa ya? lupa. kalo gak salah 10 ribuan. Motor plus orangnya.

Tadinya si aku kira udah deket (Kalo Bang Bub dah pernah ke sana, jadi dah tau medannya) ternyata, dari pintu masuk tuh masih jauuuuuuuuh banget.

Naik turun, ngelewati hutan-hutan gitu. Ya.. hampir kaya jalan yang mau ke arah Lawu, setelah Tawang Mangu, tapi lebih sempit, lebih sepi. Serem juga si.. tapi asik.

Lalu, sekitar 15 menit dari pintu masuk (lebih deh) kami memasuki area parkir. Tenyata ramai juga. Ada beberapa rombongan bapak-bapak, ibu-ibu, saudara dan handai taulan gitu.

Turun dari motor, di parkiran ketemu sama pemetik kecapi yang mangkal di situ --Jadi inget di Jejak Petualang pas Mbak Riani joget-joget sama si Mang Kecapi hehe—

Jadi, ceritanya niy, aku dah siap-siap mendaki gunung, pake sendal jepit pula. Pasti berat kih (batinku). Ternyata...baru jalan dikit, dikiiit banget, kawah putih dah terpampang di depan mata.

Kesan pertama.. Indah.. Bagus bangget.. langsung gak tahan deh pengen foto-foto. ya.. beberapa jepretan cukup mengabadikan sebagian keciiil keindahan kawah putih dari ujung jalan setapak.

Ngeliat kawah putih dari kejauhan jadi teringat dongeng Jaka Tarub dan 7 Bidadari.

Sebuah telaga yang tertutup kabut tipis dengan deretan bukit-bukit kecil di sekelilingnya.. Bidadarinya pasti turun dari balik-bukit yang menjadi background itu.. Dan.. Jaka Tarub sembunyi di balik semak-semak yang ada di sekitarnya.. Sepertinya dongeng itu nyata di depan mata.. ”

Puas menikmati Kawah Putih dari ujung jalan setapak, kami mulai menyusuri tepi telaganya. Kabut itu ternyata uap dari air telaga yang ternyata merupakan telaga air panas alami. Bau belerang juga cukup menyengat di sini, terutama kalo angin berhembus. Oya.. awas ya.. jangan terlalu dekat ke pinggir telaga. Soalnya tanahnya masih lembek. Bisa-bisa kita nanti kejebur. BERBAHAYA. Ya..pengalaman aja, gara-gara gak mematuhi larangan itu hampir aja aku kejeblos. Tanah pinggir telaga yang kau kira sudah keras ternyata kaya lumpur gitu. Lembek trus longsor. Untung gak sampai ke jebur, tapi kakiku keperosok hehe.

Mm.. di sini pasti nyesel kalau gak foto-foto. Jadi jepretan demi jepretan ngalir gitu aja. Gantian ma Bang Bub. Tapi.. ada yang kurang nih.. masa kita gak foto bareng?? Kebetulan tuh, namanya juga obyek wisata, jadi di situ banyak tukang foto Polaroid yang langsung jadi. Yak!! “Mau foto dong Mang!!”

Pret!!” sekali jepretan cuma beberapa ribu kok. Lumayan.. ngasi rejeki ke orang. Moga kita di tambah juga rejekinya (Amien). Tau gak jadinya kaya apa? Setelah di kipas-kipas, muncullah gambarnya. Mmm.. jadinya kok kaya foto di studio ya?? Flat banget. Backgroundnya juga kaya lukisan. Datar, kaya gak ber dimensi (ngomong apa sih?). Setelah di cari-cari alesannya.. mmm.. mungkin -ini juga baru dugaan si- mungkin gara-gara di sini sinar mataharinya kehalang uap. Kaya pencahayaan gak langsung gitu. Hampir gak ada bayang-bayang. Jadi fotonya flat banget.

Puas di sisi kiri dari arah jalan setapak –aku gak mudheng Utara Selatannya- kami pindah ke sisi kanan. Dengan pemandangan yang masih terpusat pada telaga, di sisi kanan lebih banyak semak-semaknya, lalu ada cekungan yang sebenarnya bagian dari telaga itu. Hanya saja, karena sedang musim kemarau, sisi ini mengering. Tapi awas!! Tanahnya masih lembek juga.

Oya, di sisi ini lebih banyak bebatuan jadi sering jadi setting foto-foto pre wedding. Pas hari itu juga. Ada dua sesi foto pre wedding hehe seneng deh ngeliatnya. Ntar mau foto di situ juga ah.

Setelah capek jalan-jalan plus foto-foto akhirnya kami memutuskan ke tujuan berikutnya. Tapi sebelumnya, kami makan jagung bakar yang ditemani segelas bajigur instant hehehe. Kirain asli lho.. taunya tinggal seduh. Dasar. Ternyata semangat asal cepet, asal jadi, alias instan sudah merambah ke sini. Kecewa juga. Pengennya ngganti kedudukan KFC yang fast food malah dapetnya sama aja. Instant.


----------------------------------------
well.. baru satu tempat tujuan travelingku tercapai. Itu juga deket banget. Ga papa deh.. nyicil.. nabung biar terwujud nanti smuanya.. amien..

iseng..

Iseng-iseng ngutak-ngatik HTML blog ini.. eh jadinya malah gak karuan. Seneng gak seneng, puas gak puas si.. secara gitu hasil kerja sendiri.

Awalnya..
Ini template dasar gak tau apa namanya dulu. Aku utak utik deh HTMLnya. Karena amatir, plus otodidak, jadi sambil baca tutorial implementing CSS gitu.

Jadinya..tara!!...
Yang lumayan si,
  • sudah berhasil memasukkan image background bintang-bintangnya (norak ya??)
  • udah brasil ngepasin lebar pagenya..
  • brasil ngepasin gambar buat footernya setelah berkali-kali edit di corel plus downloadnya





Yang agak ancur..
  • warna belom sreg tuh..
  • ukuran font tanggal di posting tiba-tiba membesar, dan aku belom nemu mana yang mesti di ubah
  • ada tanggal di format 'comment' yang spacingnya jarang-jarang, aneh bgt. Belom nemu juga tuh mana yang mesti di rubah.
mmm.. wis.. seru tapi ya pusing.. tar utak-atik lagi aaahhh..
hehehe.. blog ini masih terus dalam tahap pembenahan. Smuanya si.. ya tampilannya, isinya, orangnya, hehehe.. ayo isi... isi!!

14.8.08

mengejar ibu ibu..

Seharian ini tadi muter-muter aja gak karuan. Mulai dari muter-muter nyari cat tembok, ke Permata Bintaro ngecek kerjaan tukang yang di komplein kemaren, sampai pada akhirnya ke Pangpol beli HPL.

Hihi beli HPL berdua ma wahyu, naek motor. Bayangin aja tuh.. HPLnya nangkring di tempat kaki depan (critanya naek Kymco ni..), ya.. dengan tinggi 120an lumayan mengganggu juga. Untung gak nyuruh aku yang bawa di belakang. Gak tega pasti hehehe..

Yah.. gara-gara ibu-ibu yang ngejar-ngejar dateline fitting out buat besok.. jadi deh kejar-kejaran ma waktu. Tapi.. ternyata seharian yang kelihatan penuh itu tadi, ditangan seorang yang emang bukan penulis jadi cuma beberapa garis. Hehe.. ga popo lah..
see ya next time..

7.8.08

kerja.. kerja!!!

well.. Seharian cuma bengong.. nungguin hasil render salah seorang pasien yang udah cukup lama gak digarap-garap. Hasilnya.. not bad.. not good.. hihi..

Ini salah satu kerjaan full interior.. udah dari januari lalu bo.. belom kelar juga. Lha maw gimana lagi.. jadi rumahnya juga baru akhir taon ini..

1.8.08

Gerhana Matahari Total

Sumbernya: www.exploratorium.edu/eclipse/2008/

Di hari pertama aku isi blog ini, sorenya.. ternyata ada peristiwa penting ni.. Gerhana matahari total.. mm.. must be amazing.. Gak tau kenapa tuh, dari kecil emang udah suka hal-hal yang berbau langit dan seluk beluknya gitu. Bukan brarti trus mendalami, aku si ngerasanya langit, bintang, bulan bahkan hal-hal lain seperti supernova ataupun blackhole bener-bener seperti keajaiban.

Secara teori, gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan berada dalam satu garis diantara Bumi dan Matahari. Jadi intinya si, mataharinya tertutup oleh bulan sehingga sinarnya gak nyampe ke bumi. Gerhana Matahari ini ada tiga macem lho. Gerhana matahari sebagian, Gerhana matahari total sama gerhana matahari cincin. Katanya si yang paling bagus gerhana matahari cincin. Pada saat itu, matahari tidak sepenuhnya tertutup piringan bulan. Ukuran piringannya lebih kecil sehingga sinar matahari masih keliatan di sekeliling piringan bulan.. Wow!! pasti indah bgt. sayangnya aku cuma bisa ngeliat di gambar. hehehe.. belom pernah ngalamin langsung.

Gerhana bulan kali ini memang gak bisa dilihat dari Indonesia. Peristiwa ini cuma terjadi di bagian utara katulistiwa antara lain di Canada, Greenland, the Arctic Ocean, Russia, Mongolia, and China. Uniknya, bakal ada live streaming dari salah satu situs ilmu pengetahuan melalui satelit di Yiwu, China.

Ni siarannya udah di mulai.. tapi, mana gerhana mataharinya ya??

Kayanya mesti sabar deh.. secara juga live streamingnya agak lemot.

Well.. sekali lagi Gusti Allah bakal menunjukkan kebesaranNya melalui banyak peristiwa..

Salam..


Haiiii!!!
my firs time nulis di blog.. mau nyobain aja soalnya agak gaptek nih. Tadinya mau ganti template sama layoutnya. Tapi dasar gaptek yo gak bisa-bisa. Padahal dah brosing-brosing template ke berbagai penjuru web hehehe.. Maaf baru mulai.. jadi belum bisa liat apa-apa.. Matur nuwun dah mau berkunjung

2.5.08

sekolah cinta

Bertahun-tahun yang lalu, saya berdoa kepada Tuhan untuk memberikan saya pasangan. “Engkau tidak memiliki pasangan karena engkau tidak memintanya”’ Tuhan menjawab.

Tidak hanya saya meminta kepada Tuhan, namun saya juga menjelaskan kriteria pasangan yang saya inginkan. Saya menginginkan pasangan yang baik hati, lembut, mudah mengampuni, hangat, jujur, penuh dengan damai dan sukacita, murah hati, penuh pengertian, pintar, humoris, penuh perhatian. Saya bahkan memberikan kriteria pasangan tersebut secara fisik yang selama ini saya impikan. Sejalan dengan berlalunya waktu, saya menambahkan daftar kriteria yang saya inginkan dalam pasangan saya.

Suatu malam dalam doa, Tuhan berkata dalam hati saya, ”Hambaku, Aku tidak dapat memberikan apa yang engkau inginkan”.

Saya bertanya ”Mengapa Tuhan?” dan Ia menjawab ”Karena Aku adalah Tuhan dan Aku adalah Adil, Aku adalah Kebenaran dan segala yang Aku lakukan adalah benar”.

Aku bertanya lagi, ”Tuhan, aku tidak mengerti mengapa aku tidak dapat memperoleh apa yang aku pinta dari Mu?”.

Jawab Tuhan, ”Aku akan menjelaskan kepadamu. Adalah suatu ketidakadilan dan ketidakbenaran bagiKu untuk memenuhi keinginanmu karena Aku tidak akan memberikan sesuatu yang bukan seperti engkau. Tidaklah adil bagiku untuk memberikan seseorang yang penuh dengan cinta dan kasih kepadamu jika terkadang engkau masih kasar, atau memberikan seseorang yang pemurah tetapi engkau masih kejam, atau seseorang yang mudah mengampuni tetapi engkau sendiri masih suka menyimpan dendam, seseorang yang sensitif namun engkau sendiri tidak....” Kemudian dia berkata kepada saya, ”Adalah lebih baik jika Aku memberikan kepadamu seseorang yang Aku tahu dapat menumbuhkan segala kualitas yang engkau cari selama ini daripada membuat engkau membuang waktu mencari seseorang yang sudah mempunyai semua itu. Pasanganmu akan berasal dari tulangmu dan dagingmu, dan engkau akan melihat dirimu sendiri di dalam dirinya dan kalian berdua akan menjadi satu.

Pernikahan adalah seperti sekolah, suatu pendidikan jangka panjang. Pernikahan adalah tempat dimana engkau dan pasanganmu akan saling menyesuaikan diri dan tidak hanya bertujuan untuk menyenangkan hati satu sama lain, tetapi untuk menjadikan kalian manusia yang lebih baik, dan membuat suatu kerjasama yang solid.

Aku tidak memberikan pasangan yang sempurna karena engkau tidak sempurna. Aku memberikan seseorang yang dapat tumbuh bersamamu”.

24.4.08

Alasan saja

Alasan 1. kadang aku mengaca pada pengalaman sehari-hari, pengalamanku, ataupun teman.. beberapa membuat aku bertanya-tanya, memang aneh ya manusia.. adakah keikhlasan sepenuhnya itu ada??

Alasan 2. Ada kalanya orang menyerahkan sesuatunya pada Gusti Allah.. Tapi ketika hal yang tidak diharapkan terjadi datang, kita jadi meyesali, menyalahkan diri, orang lain, bahkan Gusti Allah sendiri.. (Naudzubillah..)
Seorang teman pernah berkata,

" Va.. jangan pernah bingung karena kita yang hidup pasti selalu diberi pilihan. Aku cuma pengen ngingetin, bahwa kamu jangan sampai punya harapan besar pada orang lain karena orang lain pasti punya kekurangan sama seperti kita. Kamu harus berharap sama yang di atas coz hanya Dia yang bisa nunjukin jalan yang terbaik"

Saat aku bingung pada banyak pilihan hidup.. aku selalu inget kata-kata ini. Klise si.. manusia pada saat "mentog" ujung-ujungnya selalu mencari pelarian pada hal yang spiritual.. bersandar pada yang Maha segalanya.

Alasan 3. Berusaha dan berdoa menjadi satu hal yang paling mungkin masuk dalam berbagai kasus.
Kalaupun memang semua sudah di gariskan oleh Yang Punya Hidup, dan sesuatu dalam hidup kita berakhir menyedihkan, kita masih bisa beralasan
"Toh kita sudah berusaha melakukan yang terbaik" Alasan ini yang menurutku paling masuk akal dari pada akhir menyedihkan tanpa kita pernah berbuat apa-apa..
Alasan ini yang bisa membuat kita ihklas menerima hasil apapun.. dan bukan hanya sekedar merasa marah pada orang lain, keadaan atau bahkan Gusti Allah sendiri.

mmm.. knapa ya? Buat aku, untuk ikhlaspun ternyata kita masih membutuhkan alasan.. padahal iklhas harusnya menerima dengan lapang hati tanpa timbal balik, balasan, atau bahkan alasan..
Seharusnya Ikhlas hanyalah ihklas..

Lalu..Di sinilah muncul lagi alasan..

Alasan 4. Aku cuma manusia, yang punya banyak keterbatasan.. jadi maklumlah kalo aku belum bisa berlapang hati menerima hal yang tidak aku sukai..

Teman.. biarkan aku beralasan atas banyak hal dalam hidupku..sedihku, bahagiaku..
Lalu, biarkan aku beralasan pula atas berbagai hal dalam hidupmu karena adaku..sedihmu, pun bahagiamu..
Aku harap alasan-alasan ini bisa mendekatkan kita.. hari ini, besok, nanti, seterusnya..

Main reason is: Aku cuma manusia biasa..